Hewan
Peliharaanku
Aku suka memelihara hewan.
Di rumah aku memelihara banyak
hewan.
Ada kucing, burung, dan ikan.
Hewan mempunyai bagian-bagian
tubuh.
Apa saja bagian-bagian tubuh hewan
?
Hewan juga dapat tumbuh.
Bagaimana pertumbuhannya?
1
Hewan Peliharaanku
Lihat ini kucingku!
Kucingku lucu dan lincah.
Jika berlari ekornya bergerak-gerak.
telinga ekor
mata
rambut
mulut
kaki
Gambar 1.1 Bagian-bagian tubuh kucing
Apa saja bagian-bagian tubuh kucing?
Kucing mempunyai kepala, badan, kaki, dan ekor.
Di kepala ada mata, telinga, hidung, mulut, dan kumis.
Kucing mempunyai telinga yang besar.
Telinga kucing yang besar
membuat
kucing lebih peka mendengar suara. Kucing mempunyai empat kaki.
Kaki
digunakan untuk ber-jalan, berlari, dan melompat. Kucing mempunyai ekor.
Ekor berguna untuk menjaga
Gambar 1.2 Kucing berjalan keseimbangan.
menggunakan kakinya
2
Ilmu Pengetahuan Alam SD dan MI Kelas II
Rambut ini
berguna melindungi tubuhnya agar tetap hangat.
Kucing mempunyai kuku yang tajam.
Kuku digunakan untuk mencakar.
Lihat
kucingku sedang menyusui anaknya.
Kucing mempunyai puting susu. Pada
kucing betina,
puting susu
digunakan untuk menyusui anaknya.
Gambar 1.3 Kucing betina menyusui anaknya
Apa kegunaan
bagian-bagian tubuh yang lainnya? Coba diskusikan dengan temanmu.
Hewan apa
lagi yang tubuhnya mirip kucing? Lakukan kegiatan berikut.
Kegiatan 1.1
Coba kamu amati anjing dan
kambing.
Apa saja bagian-bagian tubuhnya?
Tuliskan pada tabel seperti
berikut.
Bagian tubuh anjing
|
Bagian tubuh kambing
|
Kepala
|
Kepala
|
________________
|
________________
|
________________
|
________________
|
________________
|
________________
|
3
Hewan Peliharaanku
Kucing,
anjing, dan kambing mempunyai bagian tubuh yang sama.
Bagian
tubuh hewan berkaki empat yaitu kepala, badan, kaki, ekor, puting susu, dan
rambut.
Di rumahku juga ada burung.
Ayo perhatikan bagian-bagian tubuhnya.
Lakukan kegiatan berikut.
Kegiatan 1.2
Pasangkan bagian tubuh dengan
namanya.
sayap
mata
ekor
paruh
kaki
Tubuh burung
terdiri dari kepala, badan, kaki, sayap, dan ekor.
Di kepala burung ada mata dan paruh.
Paruh digunakan untuk mematuk makanan.
Tubuh burung diselimuti bulu.
Bulu ini berguna untuk melindungi tubuhnya.
dari cuaca panas dan dingin.
4
Ilmu Pengetahuan Alam SD dan MI Kelas II
Lihat burung bisa terbang.
|
|
Burung mempunyai sayap.
|
|
Burung mengepakkan
|
|
sayapnya agar bisa terbang.
|
|
Burung mempunyai ekor.
|
|
Ekor burung digunakan
|
|
Gambar 1.4 Burung terbang untuk mengatur arah
|
|
menggunakan sayapnya
|
terbang.
|
Burung mempunyai 2 kaki.
|
|
Burung pun bisa berjalan.
|
Coba kamu
perhatikan bagian tubuh ayam.
Apakah sama dengan burung? Burung
dan ayam termasuk hewan bangsa unggas. Binatang apa lagi yang tubuhnya mirip
dengan burung? Diskusikan dengan temanmu.
Gambar 1.5 Ayam
Bagian tubuh unggas yaitu kepala, badan, kaki, sayap, ekor, dan
bulu.
Di kolamku
banyak ikan. Coba kamu perhatikan tubuh ikan.
Apakah
bagian-bagian tubuh ikan?
Ayo lakukan
kegiatan berikut ini.
Gambar 1.6 Kolamku
5
Hewan Peliharaanku
Kegiatan 1.3
Hubungkan titik-titik pada gambar
berikut.
Lalu lengkapilah kotak-kotak yang
kosong.
sirip
insang
Gambar apakah itu?
Apa saja bagian-bagian tubuhnya?
Apa kegunaan bagian-bagian
tubuhnya?
Tulis pada tabel seperti berikut.
Bagian Tubuh
|
Kegunaan
|
Sirip Berenang
________________ _______________
________________ _______________
________________ _______________
________________ _______________
________________ _______________
6
Ilmu Pengetahuan Alam SD dan MI Kelas II
Gambar 1.7 Sirip ikan
digunakan
|
untuk
berenang
|
Ikan adalah hewan yang hidup di air.
Bagian tubuh
ikan terdiri dari kepala, perut, ekor, dan sirip.
Di kepalanya ada mata, mulut, dan lubang insang.
Insang berguna untuk bernapas.
Tubuh ikan diselimuti sisik.
Sisik berguna untuk melindungi tubuhnya.
Ikan
mempunyai sirip dan ekor.
Sirip berguna
untuk be-renang.
Ekor berguna
untuk mem-belokkan tubuhnya saat berenang.
Ikan
mempunyai kepala, perut, ekor, dan sirip.
Selain hewan peliharaanku
|
|||||
banyak hewan lainnya.
|
ekor
|
||||
Contohnya adalah cacing.
|
|||||
Cacing bentuknya panjang.
|
|||||
Kulitnya licin.
|
kepala
|
badan
|
|||
Bagian tubuh cacing yaitu
|
|||||
kepala, badan, dan ekor.
|
|||||
Cacing tidak mempunyai kaki.
|
|||||
Cacing bergerak merayap
|
Gambar 1.8 Bagian-bagian
|
||||
dengan menggunakan perutnya.
|
tubuh cacing
|
||||
7
Hewan Peliharaanku
Bagian tubuh cacing dan ular sama.
Cacing dan ular mempunyai kepala, badan , dan ekor.
Di kebunku aku sering melihat kupu-kupu.
Warnanya indah sekali.
Kupu-kupu terbang ke sana ke mari.
Apa saja bagian tubuh kupu-kupu?
Ayo kita perhatikan.
sayap
badan
sungut
kepala
kaki
Gambar 1.9 Bagian-bagian tubuh kupu-kupu.
Kupu-kupu termasuk serangga.
Kupu-kupu mempunyai sayap.
Sayap berguna untuk terbang.
Di kepalanya ada sepasang sungut atau antena.
Kupu-kupu mempunyai 6 kaki.
Kaki digunakan untuk berjalan.
Hewan lain
yang termasuk serangga yaitu lalat, kecoak, lebah, dan semut.
Coba kamu perhatikan hewan-hewan tersebut.
8
Ilmu Pengetahuan Alam SD dan MI Kelas II
Ada juga yang
tidak mempunyai sayap, contohnya semut.
Serangga mempunyai kepala, badan, kaki, dan antena.
Di sekitar
rumahmu atau sekolahmu ada hewan apa lagi?
Sebutkan hewan yang kamu ketahui.
Apa saja bagian-bagian tubuhnya?
Lakukan kegiatan berikut.
Kegiatan 1.4
Lakukan kegiatan ini secara
berkelompok.
Amati hewan yang ada di rumah atau
sekolahmu.
Amati bagian-bagian tubuhnya.
Tulis dalam tabel seperti berikut.
No.
|
Nama Hewan
|
Bagian Tubuh
|
|
1.
|
Kucing
|
Kepala, badan, ekor, kaki,
|
|
mata, hidung, telinga, mulut,
|
|||
kumis.
|
|||
2.
|
Kambing
|
_____________________
|
|
3.
|
_________
|
_____________________
|
|
4.
|
_________
|
_____________________
|
|
5.
|
_________
|
_____________________
|
|
6.
|
_________
|
_____________________
|
|
7.
|
_________
|
_____________________
|
|
9
Hewan Peliharaanku
Latihan 1.1
|
|||
1. Apa
bagian-bagian tubuh
|
2
|
||
hewan berikut?
|
1
|
4
|
|
Tulis jawabannya
|
|||
6
|
|||
dalam buku tulismu.
|
|||
3
|
5
2.
Berikut ini adalah kegunaan bagian-bagian tubuh hewan.
berjalan makan mendengar
terbang
berenang melihat
Lengkapi
kalimat berikut dengan kegunaan bagian tubuh di atas.
a.
berenang menggunakan sirip.
b.
. . . menggunakan sayap.
c.
. . . menggunakan kaki.
10
Ilmu Pengetahuan Alam SD dan MI
Kelas II
.
. . menggunakan mata.
e.
. . . menggunakan mulut.
3.
Bagaimana hewan berikut bergerak? Pilih jawabannya pada
kotak berikut.
Lompat Merayap Terbang Berjalan
Kupu-kupu terbang
Katak . . . .
Ular . . . .
Kucing . . . .
11
Hewan Peliharaanku
B.
Pertumbuhan Hewan
Kucingku kini mempunyai anak.
Anak kucing itu lucu sekali.
Badannya kecil dan ekornya pendek.
Telinganya juga kecil.
Kadang-kadang warna bulunya sama
dengan induknya.
Lihat anak kucingku.
Dia berjalan dengan pelan.
Gambar 1.10 Anak kucing dan induknya
12
Ilmu Pengetahuan Alam SD dan MI
Kelas II
Anak kucingku semakin tinggi dan besar.
Gerakannya juga semakin lincah.
Dia mulai bisa melompat jauh.
Mengapa kucing menjadi besar?
Kucing itu tumbuh.
Perhatikan gambar berikut.
Gambar 1.11 Pertumbuhan kucing
Bagaimana dengan anak ayam?
Anak ayam juga akan tumbuh.
Tubuhnya yang
kecil berubah menjadi besar. Bulunya yang halus dan pendek menjadi kasar dan
panjang.
Ayam dewasa mempunyai jengger di kepalanya.
Gambar 1.12 Pertumbuhan ayam
13
Hewan Peliharaanku
Kucing dan ayam tumbuh.
Ukuran tubuh hewan berubah dari
kecil menjadi
besar
karena hewan tumbuh.
Latihan 1.2
1.
Jiplak gambar pertumbuhan bebek berikut lalu warnai.
2. Urutkan proses pertumbuhan hewan berikut .
1 2 3
Urutan pertumbuhannya:
14
Ilmu Pengetahuan Alam SD dan MI
Kelas II
3.
Pasangkan anak hewan dan hewan
yang sudah besar dengan cara memasangkan huruf a, b, c, d, atau e dengan angka
1, 2, 3, 4, atau 5.
a.
1.
b.
2.
c.
3.
d.
4.
e.
5.
15
Hewan Peliharaanku
R
angkuman
1. Tubuh hewan terdiri dari beberapa
bagian.
2. Bagian tubuh hewan berbeda-beda.
3.
Kucing, anjing, dan kambing termasuk hewan berkaki empat.
4.
Hewan berkaki empat mempunyai kepala, badan, kaki, ekor,
puting susu, dan rambut.
5. Ayam dan burung termasuk unggas.
6.
Unggas mempunyai kepala, badan, kaki, ekor, dan sayap.
7. Ikan mempunyai kepala, badan,
ekor, dan sirip.
8.
Cacing dan ular mempunyai kepala, badan, dan ekor.
9.
Serangga mempunyai kepala, badan, kaki, dan antena.
10. Serangga umumnya mempunyai sayap.
Ada juga serangga yang tidak
mempunyai sayap.
11. Setiap bagian tubuh hewan
mempunyai kegunaan.
12.
Hewan dapat bergerak. Cara bergerak hewan berbeda-beda.
13.
Hewan ada yang bergerak dengan berjalan, melompat,
terbang, berenang, dan merayap.
14.
Ukuran tubuh hewan berubah dari kecil menjadi besar karena
hewan tumbuh.
15.
Pada saat tumbuh, tinggi dan berat hewan bertambah.
16
Ilmu Pengetahuan Alam SD dan MI
Kelas II
Uji kompetensi
A.
Berilah tanda
silang (X) pada huruf a, b, atau c di depan jawaban yang tepat.
1. Bagian tubuh
hewan di samping yang tidak ada
adalah
. . . .
a. mata
b. ekor
c. kaki
2. Berikut ini contoh hewan berkaki
empat kecuali
. . . .
a. kambing b. anjing c. ayam
3. Hewan yang mempunyai bulu adalah . . . .
a. b. c.
4. Gambar berikut yang salah adalah . . . .
a. b. c.
5. Sayap burung berguna untuk . . . .
a. berenang
b. terbang
c. berjalan
17
Hewan Peliharaanku
2
|
Bagian tubuh
pada ikan yang
|
|||
1
|
berguna untuk berenang
|
|||
adalah . . . .
|
||||
a.
|
1
|
|||
3
|
b.
|
2
|
||
c.
|
3
|
|||
7.
|
Cacing bergerak dengan
|
|||
cara . . . .
|
||||
a.
|
merayap
|
|||
b.
|
terbang
|
|||
c.
|
berjalan
|
|||
8.
|
Nyamuk bergerak dengan
|
|||
cara . . . .
|
||||
a.
|
berjalan
|
|||
b.
|
terbang
|
|||
c.
|
merayap
|
|||
9.
|
Anak ayam berubah besar.
|
|||
Perubahan itu disebut . . . .
|
||||
a.
|
tumbuh
|
|||
b.
|
berkembang
|
|||
c.
|
naik
|
|||
10.
|
Lihat gambar hewan di
|
|||
samping. Setelah besar
|
||||
hewan tersebut . . . .
|
||||
a.
|
tubuhnya lebih berat
|
|||
b.
|
ekornya jadi pendek
|
|||
c.
|
tubuhnya jadi kecil
|
18
Ilmu Pengetahuan Alam SD dan MI Kelas II
1.
Ayo lengkapi nama bagian tubuh pada gambar berikut.
. . . .
. . . .
. . . .
.
. . .
2. Ekor pada ikan berguna untuk . . .
.
3. Burung bergerak dengan cara . . .
.
4.
|
Ukuran
|
tubuh
|
kecil
|
berubah
|
dari
|
kecil
|
|
menjadi besar karena
|
|||
kucing . . . .
|
5.
a. Ukuran tubuh anak ayam lebih . . . daripada ayam
dewasa.
b.
Bulu anak ayam lebih . . . daripada ayam dewasa.
19
Hewan Peliharaanku
Berikut
ini adalah kata-kata yang berhubungan dengan anggota tubuh hewan. Coba kamu
susun huruf berikut menjadi kata yang benar.
1.
|
AMAT
|
M
|
_
|
_
|
_
|
|||
2.
|
ULUB
|
B
|
_
|
_
|
_
|
|||
3.
|
HUPRA
|
P
|
_
|
_
|
_
|
_
|
||
4.
|
PASAY
|
S
|
_
|
_
|
_
|
_
|
||
5.
|
PISRI
|
S
|
_
|
_
|
_
|
_
|
||
Tulis nama anggota tubuh tersebut pada tabel.
Tuliskan juga apa kegunaan anggota tubuh tersebut.
Nama anggota tubuh
|
Kegunaan
|
_____________________ _______________
_____________________ _______________
_____________________ _______________
_____________________ _______________
_____________________ _______________
20
Ilmu Pengetahuan Alam SD dan MI Kelas II
Komentar
Posting Komentar